Training Pembangunan Gedung Tahan Gempa

Training Pembangunan Gedung Tahan Gempa Fitur Informasi Training Jadwal Pelatihan Jogja Jakarta Bandung Bali Surabaya  - Training Pembangunan Gedung Tahan Gempa

Pelatihan Pembangunan Gedung Tahan Gempa

Training Pembangunan Gedung Tahan Gempa – Peraturan gempa modern makin lama makin kompleks dan makin sukar dimengerti maupun diimplementasikan. Hal ini tentunya tidak lepas dari kompleksnya masalah bangunan tahan gempa dan “misteri” dari peristiwa gempa itu sendiri. Banyak hal dan teori yang telah dapat dipelajari tentang peristiwa gempa, sehingga pengetahuan kita tentang kegempaan telah mengalami banyak kemajuan, nemun ternyata masih banyak pula hal-hal mengenai gempa, termasuk pengaruh gempa terhadap bangunan yang masih belum kita mengerti sepenuhnya. Keinginan kita untuk mengadopsi pengetahuan baru dari setiap peristiwa baru akibat gempa, menjadikan peraturan gempa menjadi semakin kompleks. Oleh karena itu timbul pemikiran, apakah untuk bangunan gedung yang sederhana dan tidak tinggi, tidak dapat dapat diterapkan peraturan yang lebih sederhana? Kita sadar bahwa bukan cara analisis yang canggih saja yang dapat menjamin keandalan bangunan tahan gempa. Justru pendetailan rencana dan pelaksanaannya kurang lebih yang sering menyebabkan kegagalan bangunan tahan gempa.

Bahan konstruksi yang mulai diminati pada masa ini adalah baja. Baja merupakan salah satu bahan konstruksi yang sangat baik. Baja memiliki sifat keliatan dan kekuatan yang tinggi. Keliatan atau ductility adalah kemampuan bahan untuk berdeformasi secara nyata dalam menerima gaya tekan maupun gaya tarik sebelum terjadi kegagalan (Bowles,1985).

Dalam perencanaan struktur rangka baja yang tahan terhadap beban gempa, elemen struktur seperti kolom, dinding, penguat atau braces, dan sambungan didesain untuk bisa menjalani deformasi jauh melampaui batas elastis bahan tanpa kehilangan kapasitas kekuatan yang cukup signifikan. Penyediaan kapasitas deformasi ini dikenal sebagai daktilitas, yang merupakan prinsip dasar dalam desain bangunan yang tahan terhadap beban gempa.

Dalam perencanaan struktur tahan gempa disyaratkan dengan ketat bahwa sambungan harus direncanakan lebih kuat daripada komponen yang disambung, untuk menjamin bahwa selama gempa terjadi, pelelehan tidak terjadi pada bagian sambungan, tetapi dibagian yag memang telah direncanakan leleh pada struktur yang bersangkutan.

 

Tujuan

Setelah melakukan pelatihan Pembangunan Gedung Tahan Gempa, peserta diharapkan mampu:

  1. merencanakan bangunan sederhana tahan gempa
  2. untuk mengintegrasikan kaidah bangunan tahan gempa
  3. memberikan keuntungan kecepatan perencanaan dan lebih fokusnya perenca pada rencana pendetailan dan pelaksanaan, dapat memberikan manfaat melebihi tambahan biaya yang harus dikeluarkan.
  4. Penanaman konsep-konsep rumah tahan gempa kepada masyarakat sangat diperlukan agar mereka sadar pentingnya membangun rumah yang tahan gempa dalam rangka menyiapkan diri dan menambah wawasan menghadapi bencana.

 

Materi Pembangunan Gedung Tahan Gempa
  1. Sistem Struktur Bangunan Tahan Gempa
  2. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk struktur bangunan gedung
  3. Beban Minimum untuk perencanaan bangunan gedung
  4. Persyaratan Beton Struktural untuk bangunan gedung
  5. Spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural
  6. Spesifikasi desain untuk Konstruksi Kayu
  1. Sistem struktur untuk bangunan baja tahan gempa
    :     Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus
    1. Sistem Rangka Pemikul Momen Terbatas
    2. Sistem Rangka Pemikul Momen Biasa
    3. Sistem Rangka Batang Pemikul Momen Khusus
    4. Sistem Rangka Bresing Konsentris Khusus
    5. Sistem Rangka Bresing Konsentris Biasa
    6. Sistem Rangka Bresing Eksentrik
  1. Perhitungan struktur bangunan tahan gempa
  2. Studi Case

 

Metode

Presentasi, Study Kasus, Diskusi.

Fasilitas Training
  • Lokasi Training di Hotel Bintang 3-5
  • Sertifikat Training
  • Modul Materi (Hard Copy & Soft Copy)
  • Flashdisk
  • Training Kit (Co-Card, Bolpoin, & Buku Catatan)
  • Souvenir Eksklusif
  • 1x Makan Siang dan 2x Coffee Break (Jam 10:00 & 14:00)
  • Penjemputan Bandara – Hotel (Pulang-Pergi selama pelatihan)
Biaya & Lokasi Training
  • Bandung (Biaya Pelatihan Rp 7.600.000,- / Peserta) (Lokasi : Hotel Neo Dipatiukur, Verona Palace Hotel, Hotel Ibis Pasteur Bandung, Hotel Gino Feruci, Hotel 101 Bandung, Hotel Golden Flower Bandung, Sany Rosa Hotel).
  • Yogyakarta (Biaya Pelatihan Rp 6.800.000,- / Peserta) (Lokasi : Hotel Dafam Malioboro, Hotel Dafam Seturan, Prima Inn Hotel Malioboro, Forriz Hotel, Jentra Dagen Hotel, Hotel Galery Prawirotaman, Hotel Cavinton).
  • Surabaya (Biaya Pelatihan Rp 7.800.000,- / Peserta) (Lokasi : Tunjungan Hotel Surabaya, Swiss-Bellin Surabaya, Bisanta Bidakara Surabaya, Hotel Ibis Center Surabaya, Hotel Neo Surabaya).
  • Malang (Biaya Pelatihan Rp 7.800.000,- / Peserta) (Lokasi : Hotel Amaris Malang,  Hotel Swiss-belinn Malang, Hotel 101 Malang).
  • Bali (Biaya Pelatihan Rp 7.000.000,- / Peserta, Minimal 2 Peserta) (Lokasi : Hotel Ibis Kuta, Ibis Style Denpasar, Favehotel Kuta – Kartika Plaza, Hotel Edelweiss Kuta).
  • Lombok (Biaya Pelatihan Rp 7.400.000,- / Peserta, Minimal 2 Peserta) (Lokasi : Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel, Grand Madani Hotel Lombok).
Catatan 

Untuk melihat jadwal pelatihan ini kunjungi Jadwal Training Update dan jika ingin mendaftar pelatihan ini, silakan isi form di Formulir Pendaftaran.

  • jadwal training terbaru pusat training - Training Pembangunan Gedung Tahan Gempa
  • jadwal training diklat - Training Pembangunan Gedung Tahan Gempa

Jadwal Fix Running

[MEC id=”1037″]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *